Rabu, Maret 02, 2011

Kontroversi Logo Olimpiade London 2012

TEHERAN (Berita SuaraMedia) – Iran mengancam akan memboikot Olimpiade 2012 di London gara-gara logo Olimpiade. Logo Olimpiade 2012 tersebut diklaim mirip dengan kata "Zion", yakni istilah Alkitabiyah untuk menyebut Yerusalem.
Bahram Afsharzadeh, sekretaris jenderal Komite Olimpiade Nasional Iran mengatakan bahwa dia mengirimkan surat kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge.
Dalam surat tersebut, ia mengecam logo itu dan menyebutnya rasis. Ia mengimbau negara-negara lain untuk turut bergabung dan memprotes, demikian dilansir kantor berita resmi Iran, IRNA.
"Tidak diragukan lagi bahwa jika masalah ini kalian abaikan, maka ada beberapa negara yang tidak akan hadir dalam ajang tersebut, khususnya Iran yang menghargai komitmen terhadap nilai dan prinsip," demikian isi surat tersebut.
Atlet-atlet Iran sejauh ini selalu menolak bertanding melawan atlet Israel.
Logo Olimpiade London menunjukkan angka "2012" dalam empat karakter angka yang berbentuk tidak rata. Sejak diluncurkan empat tahun lalu, logo tersebut diktitik karena desainnya.
Empat karakter tersebut disusun dalam dua baris angka, yakni 2 dan 0 di baris atas dengan lima cincin Olimpiade ada di bagian tengah angka 0, sementara angka 1 dan 2 ada di baris kedua. Tapi, ada satu karakter lagi di bagian tengah dari empat karakter tersebut yang berbentuk kotak atau mirip sebuah titik.
Yang dipermasalahkan Iran, karena desain angka yang tidak rata dan tambahan satu karakter itu, yang mengakibatkan angka 1 pada baris kedua menjadi mirip huruf i, maka jika dibaca secara vertikal atau dari atas ke bawah, akan terbaca suku kata "zi" dan suku kata pada baris vertikal kedua terbaca "on" karena angka 2 yang ada di pojok kanan bawah diputar sedemikian rupa sehingga mirip huruf n.
Sebuah forum internet juga mengungkapkan hal serupa. Titik yang ada di pusat dari empat karakter itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan angka, jika memang pihak penyelenggara ingin menggambarkan angka 2012.
"Logo 2012 sebenarnya bukan deret angka, sebenarnya logo itu serangkaian huruf yang disamarkan sebagai angka," demikian disebutkan di forum tersebut.
"Ingat bahwa dalam penulisan kuno seperti aksara Arab dan Ibrani, penulisannya dari kanan ke kiri, tidak seperti bahasa-bahasa yang penulisannya dari kiri ke kanan. Hal ini tidak banyak diketahui namun penting untuk memahami betapa Yahudi telah memanipulasi logo ini. Jika diperhatikan lagi logo tersebut yang dirotasi 90 derajat searah jarum jam dan dibaca dari kanan ke kiri, maka 2012 akan terbaca Zion," demikian ditambahkan dalam forum tersebut.
Pihak pembuat logo tersebut adalah sebuah perusahaan Yahudi. Sebuah faktor lain yang juga perlu diperhitungkan. Perusahaan Wolff Olins didirikan sebagai perusahaan konsultasi pada 1965 oleh Michael Wolff, seorang Yahudi.
"Seperti yang kita ketahui, bidang periklanan, psikologi dan marketing/sistem pengendalian pikiran lainnya didominasi Yahudi, jadi hal ini tidak terlalu mengejutkan. Yang mengejutkan adalah biaya pembuatan logo itu yang sebanyak 400.000 poundsterling," demikian tambah forum tersebut.
Pihak IOC mengaku telah menerima surat Iran tersebut. Tapi, mereka sependapat dengan panitial penyelenggara Olimpiade di London dan menolak keluhan Iran.
"Tanggapan kami seperti ini: Logo (Olimpiade) London 2012 menggambarkan angka 2012, tidak lebih," kata IOC.
Pihak panitia penyelenggara di London mengatakan, desain tersebut diluncurkan pada tahun 2007 setelah terlebih dahulu melalui proses uji dan konsultasi.
"Kami merasa terkejut karena baru sekarang ada keluhan," kata komite tersebut.
Mohammad Aliabadi, ketua Komite Olimpiade Nasional Iran, mengatakan bahwa logo tersebut merusak ajang olahraga terbesar itu. Ia juga menuding panitia penyelenggara di Inggris telah melakukan rasisme, demikian diwartakan kantor berita ILNA.

"Penggunaan kata Zion oleh perancang logo Olimpiade dalam emblem pesta olahraga Olimpiade 2012 adalah sebuah tindakan yang amat memuakkan," tambahnya. (dn/yh/pvd)

Tidak ada komentar: